Home » Sistem Informasi » Pengertian Activity Diagram : Fungsi, Simbol dan Contoh Soal Studi Kasus

Pengertian Activity Diagram : Fungsi, Simbol dan Contoh Soal Studi Kasus

Dalam membuat sebuah sistem perangkat lunak ada banyak sekali metode yang bisa di gunakan, salah satu metode yang dapat kamu gunakan adalah Activity Diagram. Di mana metode yang satu ini dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis. Nah, untuk lebih jelasnya di bawah ini saya telah membuat pembahasan lengkap mengenai pengertian Activity Diagram, fungsi, simbol serta contoh soal studi kasusnya.

pengertian activity diagram dan contoh soal

Pengertian Activity Diagram

Secara umum pengertian dari Activity Diagram adalah sebuah alur aktivitas pada sebuah program atau perangkat lunak yang sedang di rancang. Alurnya sendiri di buat dari titik awal sampai titik akhir, mulai dari bagaimana program akan di mulai, kemungkinan-kemungkinan keputusan yang dapat muncul dan bagaimana program tersebut akan berakhir.

Sedangkan pengertian Activity Diagram menurut Salahuddin dan Sukamto ialah sebuah workflow atau alur aktivitas dalam sebuah sistem atau menu pada sebuah perangkat lunak. Lalu berdasarkan buku yang berjudul “Perancangan Sistem Informasi dan Implementasinya” yang di buat oleh Rosa A.S menjelaskan bahwa Activity Diagram adalah aliran aktivitas yang terjadi pada sebuah perangkat lunak dan itu bukanlah merupakan sebuah gambaran perilaku aktor.

Tujuan dan Fungsi Activity Diagram

Berikut ini adalah beberapa tujuan atau fungsi dari Activity Diagram yang wajib untuk kamu ketahui.

  • Activity Diagram dapat menjelaskan rentetan alur aktivitas yang terjadi pada sebuah perangkat lunak
  • Activity Diagram bisa membantu kita dalam memahami bagaimana alur aktivitas yang terjadi pada perangkat lunak
  • Activity Diagram bisa menjadi sebuah gambaran sebelum kita membuat atau merancang sebuah sistem atau perangkat lunak
  • Activity Diagram ini sangat bermanfaat apabila kita membuat diagram ini terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah proses untuk membantu memahami proses secara keseluruhan

Baca Juga : Pengertian UML : Fungsi, Jenis dan Contoh Diagramnya

Simbol Activity Diagram

Setelah kamu mengetahui pengertian Activity Diagram beserta fungsinya. Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa simbol yang ada di Activity Diagram yang tentunya wajib untuk kamu ketahui.

1. Initial Node

initial node

Initial node di gunakan sebagai penanda untuk titik awal dari sebuah aktivitas dalam sistem di mulai. Di mana initial node ini di gambarkan dengan sebuah lingkaran hitam,

2. Activity

simbol activity diagram

Sesuai dengan namanya, Activity biasanya akan di gunakan untuk menyimpan seluruh aktivitas yang terjadi pada sebuah sistem. Activity juga biasanya biasanya diawali dengan kata kerja.

3. Final Node

simbol final node

Dalam sebuah Activity Diagram, jika sebuah aktivitas pada sistem atau perangkat lunak telah berakhir akan di tandai dengan Final Node, di mana final node ini biasanya berupa lingkaran berwarna merah di bagian luar dan terdapat lagi lingkaran hitam di bagian dalamnya.

4. Decision

simbol decision

Sering kali dalam pembuatan sebuah Activity Diagram dibutuhkan beberapa kondisi yang harus di lakukan. Decision ini merupakan sebuah percabangan, di mana terdapat lebih dari satu pilihan aktivitas yang bisa di lakukan.

5. Merge

merge activity diagram

Merge merupakan node pada Activity Diagram yang berguna untuk mengontrol dan menyatukan banyak alur alternatif, tetapi node ini tidak dapat untuk menyinkronkan banyak alur secara bersamaan, sehingga hanya salah satu alur saja yang bisa di sinkronkan.

6. Join

contoh simbol join activity diagram

Join menggambarkan beberapa dua atau lebih aliran menyatu untuk melanjutkan ke sebuah aktifitas

7. Fork

simbol fork activity diagram

Fork mengambarkan satu aliran menyebabkan beberapa dua atau lebih aktifitas di kerjakan secara bersamaan

8. Swimlane

contoh activity diagram swinlane

Swimlane ialah sebuah tempat yang berfungsi untuk memisahkan sebuah sistem yang nantinya akan berjalan pada sebuah program di perangkat lunak.

Contoh Soal Studi Kasus Activity Diagram

Dalam studi kasus ini saya menganalisa alur kerja pada proses bisnis pendaftaran siswa baru yang terjadi di Tk Los Santos Jaya

Soal Activity Diagram Proses Pendaftaran Murid Baru

Untuk melakukan proses pendaftaran para orang tua calon siswa datang ke Tk Los Santos Jaya untuk mengambil formulir pendaftaran dengan membayar uang sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) di bagian tata usaha.

Lalu bagian tata usaha membuat kwitansi formulir yang akan diserahkan kepada orang tua calon siswa. Kemudian orang tua siswa menerima kwitansi formulir pendaftaran, setelah itu orang tua siswa mengisi formulir pendaftaran dan diwajibkan mengembalikan formulir yang telah di isi 1 minggu setelah pembelian formulir pendaftaran dan membawa persyaratan yang telah ditentukan seperti akte kelahiran/surat keterangan lahir, kartu keluarga, pas foto berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar berwarna untuk diserahkan ke bagian tata usaha.

Setelah itu bagian tata usaha menerima formulir pendaftaran dan persyaratan, lalu bagian tata usaha mengecek dokumen-dokumen yang telah di serahkan tersebut, apabila ada persyaratan yang tidak lengkap contohnya Akte kelahiran maka orang tua siswa harus melengkapinya dalam waktu maksimal 3 bulan terhitung setelah mengembalikan formulir pendaftaran. Jika sudah lengkap, bagian tata usaha mencatat ke Buku penerimaan murid baru.

Berikut hasil analisa activity diagramnya

contoh soal activity diagram

 

Demikianlah pembahasan saya untuk pengertian Activity Diagram lengkap dengan fungsi, simbol serta contoh soal studi kasusnya. Semoga dengan penjelasan di atas ilmu kita semakin bertambah dan tentunya kita bisa mengerti dan paham mengenai Activity Diagram.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *