Home » Tips & Tricks » Cara Mengatasi WhatsApp Pending dan Error

Cara Mengatasi WhatsApp Pending dan Error

Meskipun dikenal sebagai aplikasi chatting terbaik dengan fitur canggih di dalamnya, tetap saja WhatsApp tak bisa lepas dengan yang namanya masalah pending dan error, akibatnya pesan jadi tidak bisa terkirim. Tentu hal ini akan sangat menyebalkan, apalagi jika ada hal penting yang perlu diberitahukan ke orang lain melalui pesan singkat WhatsApp.

Mengatasi whatsapp pending
Photo by Pixabay.com

Memang kita sebagai pengguna WhatsApp tidak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada pihak pengembang aplikasi, melainkan ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini bisa terjadi. Misalnya saja smartphone yang mengalami masalah atau kualitas jaringan yang buruk. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi WhatsApp pending dan error.

Cara Mengatasi WhatsApp Pending

Di antara kalian pasti ada yang pernah mengalami masalah seperti ini dan kebingungan untuk mencari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi pesan WhatsApp pending di smartphone. Sebenarnya ada beberapa kemungkinan mengapa masalah ini bisa terjadi para kamu, berikut ini beberapa solusi mengatasi pesan WhatsApp pending.

Periksa Kualitas Jaringan Internet

 

mengatasi whatsapp eror wifi

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan jika smartphone kamu telah terhubung dengan jaringan internet yang stabil agar pesan WhatsApp yang kamu tulis bisa terkirim ke penerima pesan. Pastikan smartphone kamu terhubung dengan jaringan 4G LTE atau WiFi yang memiliki jaringan lebih stabil. Cobalah untuk berpindah ke tempat lain mungkin saja kamu bisa mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik.

Mengaktifkan Mode Airplane

 

mengaktifkan airplane whatsapp

Jika kamu merasa cara di atas tidak memberikan dampak apa pun, cobalah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kembali mode airplane di smartphone kamu. Dengan cara ini kamu telah melakukan restart terhadap seluruh jaringan yang terhubung pada smartphone kamu. Coba cara ini beberapa kali sampai kamu mendapatkan jaringan yang bagus dan pesan WhatsApp kamu berhasil terkirim.

Baca Juga : Trik Mendapatkan Followers Twitter Gratis Tanpa Aplikasi

Hapus Aplikasi Pembersih Cache dan RAM

 

bersihkan cache

Banyak orang yang memasang aplikasi pembersih cache dan RAM demi untuk menjaga performa smartphone supaya tetap kencang. Padahal aplikasi semacam ini bisa saja menjadi salah satu penyebab mengapa pesan WhatsApp kamu gagal terkirim. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menghentikan secara paksa semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga bisa saja aplikasi ini secara sengaja menghentikan aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan di latar belakang.

Periksa Fitur Penghemat Baterai

 

Kebanyakan smartphone android saat ini telah di lengkapi dengan fitur penghemat baterai yang akan secara otomatis aktif jika smartphone kamu kehabisan baterai. Sayangnya aplikasi bawaan smartphone android ini bisa membuat beberapa notifikasi tidak dapat masuk atau pending demi untuk menghemat daya smartphone. Maka dari itu cobalah untuk menonaktifkan fitur penghemat daya smartphone ini untuk sementara waktu agar bisa menerima notifikasi pesan masuk dan mengirim pesan WhatsApp.

Bersihkan Cache Aplikasi

 

Whatsapp tidak bisa kirim pesan

WhatsApp mungkin saja jadi aplikasi yang paling sering kamu gunakan ketika membuka smartphone. Semakin sering sebuah aplikasi di gunakan maka akan semakin banyak pula cache aplikasi yang menumpuk. Bisa saja aplikasi WhatsApp pending dan error gara-gara cache yang menumpuk. Maka dari itu kamu perlu menghapusnya dengan cara masuk ke bagian pengaturan smartphone Application > Pilih WhatsApp > Storage dan pilih hapus cache.

Itu tadi adalah beberapa cara mengatasi WhatsApp pending dan error ketika ingin mengirim pesan dan menerima pesan masuk. Masalah seperti ini tak hanya terjadi pada aplikasi WhatsApp saja, tetapi juga pada aplikasi lainnya. Coba temukan penyebabnya dan coba semua cara di atas untuk mengatasi masalahnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *