Membuat Panah Putus-Putus / Arrow Dotted pada Adobe Photoshop

Adobe sebenarnya sudah menyediakan fitur arrow pada custom shape di Photoshop, Namun shape arrow yang di sediakan tersebut menurut saya masih terbilang kaku dan terlihat basic untuk di terapkan di sebuah desain.

Untuk itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat arrow dengan bentuk yang bisa kita atur sendiri menggunakan Photoshop.

membuat panah putus putus
Contoh hasil arrow dotted / Panah putus putus

Kamu bisa lihat gambar di atas itu merupakan panah/arrow yang saya maksud dan batang panahnya bisa kita atur sendiri. Berbeda jika kita menggunakan fitur custom shape yang ada di Photoshop arrownya terlihat kaku.

Membuat Panah Putus – Putus

Untuk memulai tutorial ini buka terlebih dahulu Adobe photoshop di PC kamu. *FYI* disini saya menggunakan photoshop versi CC 2018*

Jika sudah membuka photoshop, langsung saja membuat canvas baru dengan ukuran bebas dan jangan lupa backgroundnya pilih yang White

Create New Layer

Setelah canvas terbuat kemudian Buat layer baru kemudian klik tombol P di keyboard atau arahkan cursor kamu ke Pen Tool

arrow dotted

Jika sudah memilih Pen Tool pastikan settinganya seperti gambar di atas yaa. Fillnya di Kosongin dan Strokenya di isi dengan warna yang kamu inginkan, pastikan juga ukuran linenya jangan terlalu besar.

Baca Juga : Membuat Background Foto Menjadi Hitam Putih

Bermain dengan Pen Tool

pen tool

Arahkan cursor kalian ke canvas dalam posisi menggunakan Pen Tool tadi dan geser Pen Tool tersebut ke atas atau kebawah intinya sesuai selera kalian. Untuk penggunaan Pen Tool ini bertujuan untuk mengatur batang yang kamu inginkan.

Mengubah Line Menjadi Dotted

dotted arrow

Jika sudah terbentuk line, untuk merubah menjadi garis putus-putus atau dotted kamu bisa setting di bagian stroke setting pada bagian atas. Sebenarnya pada langkah awal ketika kamu mensetting Pen Tool kamu bisa langsung mengatur stroke tersebut.

Membuat Kepala Panah / Segitiga

Membuat Segitiga

Tahap terakhir setelah membuat batangnya kemudian selanjutnya proses pembuatan kepala panah yang berbentuk segitiga. Untuk membuatnya buat Layer baru lagi kemudian kamu bisa klik tombol U pada keyboard, pastikan kamu memilih Polygoon Tool, arahkan cursor ke canvas kemudian Klik Kiri 1x pada canvas  nanti muncul jendela setting seperti gambar diatas. Sesuaikan ukuran yang di inginkan. Untuk Number of sidesnya atur menjadi

Segitiga sudah terbuat kemudian sesuaikan pada batang panahnya, apabila kekecilan atau terlalu besar kamu bisa menggunakan CTRL + T untuk memperbesar segitiga tersebut

membuat panah putus putus

 

Default image
Ari Nurhansah
Suka menulis informasi yang bermanfaat bagi semua orang dan menyukai tentang Teknologi & Travelling

Leave a Reply