Home » Sistem Informasi » Pengertian UML : Fungsi, Jenis dan Contoh Diagramnya

Pengertian UML : Fungsi, Jenis dan Contoh Diagramnya

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian dan fungsi dari Unified Modeling Language atau yang lebih di kenal dengan UML. Sebuah design system untuk membuat suatu program, Tak sedikit perusahaan yang membutuhkan design system ini untuk bisa menyelesaikan program yang sedang mereka kerjakan. Nah, mari kita mengenal lebih dekat mengenai UML mulai dari pengertian UML, fungsi, jenis-jenis hingga contohnya.

pengertian uml dan contohnya

Pengertian UML

Di kutip dari beberapa sumber, pengertian UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah pemodelan visual yang biasanya di gunakan untuk sarana perancangan sebuah sistem yang berorientasi objek. Sedangkan secara definisi, UML adalah suatu bahasa pemodelan yang telah menjadi bahasa standar untuk visualisasi dan perancangan sistem software.

Sementara itu menurut Booch (2005/7) menjelaskan bahwa UML adalah sebuah standar bahasa untuk membuat suatu rancangan program atau software. Pada dasarnya UML ini sering di gunakan untuk merancang serta membangun dokumen artefak untuk sebuah software. Saat ini UML telah menjadi sebuah bahasa standar dalam pembuatan blue print untuk software.

Tujuan dan Fungsi UML

Berikut ini beberapa tujuan dan fungsi dari penggunaan UML yang perlu untuk kamu ketahui.

  • UML adalah bahasa permodelan yang sangat ekspresif, sehingga sangat cocok di gunakan untuk mengembangkan sistem maupun untuk bertukar model sistem.
  • Sebagai bahasa permodelan yang sangat mendetail, UML cocok sekali di gunakan untuk pembuatan blue print software. Di mana nantinya semua informasi coding dalam program akan diketahui dengan jelas.
  • Selain bisa di gunakan untuk memodelkan sistem para perangkat lunak atau software, UML juga bisa di pakai untuk memodelkan sistem yang berorientasi objek.

Baca Juga : Pengertian Activity Diagram : Fungsi, Simbol dan Contoh Soal Studi Kasus

UML bisa menciptakan suatu bahasa permodelan yang tidak hanya bisa dipergunakan untuk manusia tetapi juga bisa dipergunakan untuk mesin.

Jenis-Jenis Diagram UML

Setelah mengenal apa itu UML dan fungsinya, di bawah ini saya juga telah membuat rangkuman mengenai jenis-jenis diagram UML yang juga wajib kamu ketahui.

1. Use Case

Use case adalah jenis diagram yang biasa di gunakan untuk menggambarkan interaksi antara aktor dan sistemnya. Di mana diagram jenis ini mampu untuk mendeskripsikan setiap tipe interaksi antara sistem dan aktornya.

 

contoh use case diagram
Contoh use case diagram

2. Activity Diagram

Sesuai dengan namanya, Activity Diagram merupakan jenis diagram yang mampu untuk memodelkan seluruh proses yang sedang terjadi pada sistem atau program dari titik awal hingga titik akhir.

contoh activity diagram
Contoh activity diagram

3. Sequence Diagram

Diagram yang satu ini berguna untuk menjelaskan interaksi objek berdasarkan urutan waktu. Selain itu diagram ini juga bisa di gunakan untuk menggambarkan tahapan yang harus di lakukan jika ingin membuat sebuah sistem seperti pada Use Case.

contoh sequence diagram
Contoh sequence diagram

4. Class Diagram

Class Diagram ini mampu untuk memberikan gambaran mengenai sebuah sistem maupun relasi yang terdapat pada sistem tersebut. Karena memang fungsi dari diagram ini adalah untuk menampilkan kelas-kelas yang ada pada sebuah sistem.

contoh class diagram
Contoh class diagram

5. Communication Diagram

Diagram ini biasanya di gunakan untuk menggambarkan rentetan kejadian aktivitas pada suatu sistem. Selain itu diagram ini juga dapat di gunakan untuk memberikan gambaran interaksi objek yang terjadi pada suatu sistem.

contoh communication diagram
Contoh communication diagram

6. Deployment Diagram

Deployment juga menjadi salah satu diagram yang ada di UML, di mana diagram ini berguna untuk menunjukkan tata letak suatu sistem secara fisik. Jadi sederhananya, deployment diagram ini berfungsi untuk menunjukkan letak software yang ada pada hardware pada sebuah sistem.

contoh deployment diagram
Contoh deployment diagram

7. Component Diagram

Jenis diagram berikutnya adalah Component Diagram yang berguna untuk menggambarkan software pada suatu sistem. Maksudnya adalah diagram ini merupakan penerapan software dari satu atau lebih class serta biasanya berbentuk source code, dokumen, file data dan lain sebagainya.

contoh component diagram
Contoh component diagram

Demikianlah pembahasan saya untuk pengertian UML lengkap dengan fungsi, jenis dan contohnya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami serta mempelajari diagram UML.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *